Ada Berapa Rekening Tabunganmu?

Hai, hai, halo semuanya...

Kali ini gw lagi on fire buat nulis blog. Makanya gw semangat banget buat nulis. Keliatan kan dari postingan gue yang jarak penulisannya gak jauh-jauh banget. Entah inspirasi dari mana dan entah ketiban apa gw akhir-akhir ini semangat kalo nulis blog. Gw yakin elu semua juga seneng kan bisa baca apdetan blog gw, iya kan??? Hayo ngaku???? *yak silakan yang ingin muntah*

Kemaren gw dapet pertanyaan yang menggelitik dari temen kantor gue. Pertanyaannya:


'Elo punya berapa rekening tabungan?'


Boleh percaya boleh enggak, gw punya punya banyak rekening tabungan. Mau tau rekening yang gw punya sekarang ada berapa???


Empat sodarah-sodarah !!!   


Iya, ada empat dan semuanya aktif gw pake tiap bulan. Bukannya gw sok kaya atau banyak duit, tapi emang gw merasa perlu bikin rekening tabungan sampai empat. Dari setiap rekening kesemuanya punya fungsi masing-masing yang akan gw share ke lo semua. Mungkin dari yang akan gw kemukakan gw akan kasih sedikit saran yang mungkin berguna buat lo semua, sapa tau lo minat buat rekening bank yang sama kaya gue.

Ok, here we go...

1. Bank BCA



Inilah tabungan gue yang paling lama yang gua punya, udah dari jaman jebot. Lupa-lupa inget entah gua bukanya jaman SMP atau jaman SMA. Inilah rekening bank yang paling sering gw pake karena kemudahan-kemudahan fiturnya. Bank ini adalah bank swasta terbesar yang punya banyak cabang dan sekarang ATM nya tersebar dimana. Jadi gak usah bingung lagi kalo mau ambil uang tunai. Gak kayak dulu waktu awal-awal gw buka rekening tabungannya, mesin ATM nya belom sebanyak sekarang.

Yang gw suka dari rekening tabungan BCA adalah sistemnya yang paling baik di Indonesia, bahkan mengalahkan bank-bank BUMN yang gede-gede. Jarang banget ini bank ngadat webnya atau eror mesin ATM nya, atau sistemnya yang error. Lagian bank BCA adalah bank yang paling banyak dipake para pengusaha baik kecil ataupun besar, sehingga kalo lo emang suka jualan online maka gw sarankan inilah bank terbaik buat dagang online menurut gue.

Gw yang otaknya cina, juga suka banget dagang online. Dan bank inilah yang paling sering gw pake buat transaksi. Baik lewat klikbca, ATM BCA, maupun sms bankingnya. Ya karna itu tadi, sistemnya yang paling oke, sehingga sangat jarang banget error. Bank ini kayaknya bukan bank yang pelit buat investasi sistem yang terbaik sehingga gak pernah mengecewakan nasabahnya. Selain buat transaksi dagang online, gw suka banget make kartu ATM nya buat bayar ini itu. Entah itu belanja groceries bulanan, beli buku, atau jajan di Indomaret atau di toko manapun yang nerima pembayaran dengan ATM BCA. Gw kasih tau yah, gw ini orangnya cashless alias gak begitu suka bawa banyak duit, makanya BCA ini adalah yang terbaik menurut gue karna gampang diterima dimana-mana. Embak-embak Indomaret deket komplek sampe apal sama gue yang bayarnya suka pake ATM BCA. Harusnya BCA ngasih reward nih ke gue karna gue nasabah setianya #uhuk.

Kartu kredit pertama gue juga dari bank ini. Karna reputasinya yang oke, jangan ditanyalah gimana reputasi kartu kreditnya. Oke banget menurut gue, dan gampang diterima dimana-mana. Tapi emang sih kartu kreditnya rada susah dapetinnya. Kata orang-orang sih gitu, tapi entah kenapa gue dulu pertama apply langsung di approved tuh. Temen gue, yang isi tabungannya banyak dia apply malah gak approved. Gue yang isi rekeningnya biasa aja malah approved. Setelah gw teliti, ternyata yang bikin approved enggaknya adalah bukan berapa banyak isi duit di rekening lo, tapi seberapa aktif pemakaian rekening lo. Istilah gampangnya, bank lebih suka rekening yang kalo di cetak di buku atau rekening koran berlembar-lembar. Jadi kalo lo sering banget make entah buat jualan atau terima dan transfer duit, maka selamat, kemungkinan approval kartu kredit lo kemungkinan besar bakal diterima!

Oke sekian dulu review gue tentang di BCA ini.

2. Bank Mandiri


Ini adalah rekening bank yang paling gue benci dari semua rekening bank yang gua punya. Kenapa??? SISTEMNYA SERING ERRORR !!!

Gw punya rekening ini udah sampe 3 kali atau 4 kali kayaknya. Yang terakhir gw terpaksa buka karna gaji gue di payroll di Mandiri ini T_T. Entah kenapa perusahaan gue berpaling dari si BCA, padahal enak banget si BCA.

Berdasarkan pengalaman gua, ini bank sering banget error sistemnya. Entah websitenya, ataupun sistem ATM nya. Padahal gue sering banget dagang online, maka gue butuh fitur internet bankingnya. Tapi berdasarkan pengalaman gua, sering tuh pas gua pake internet bankingnya error mulu-___-'. Yang lebih ngenes adalah ketika pas gw lagi butuh banget duit, pas gw samperin ATMnya, ehh mesinnya error. Gw kira si ATM nya yang emang error, maka gw putuskan cari ATM lain. Eh begitu dimasukkin kartunya, ternyata sama juga. Ganti ATM lain sama aja. Usut-punya usut ternyata sistemnya yang error, capee deehhh. Entah gue doang atau gw lagi sial aja, tapi gue sering banget ngalamin kaya gitu. Makanya begitu gajian, duit gw langsung gw pindah semua ke rekening gw yang lain. Jadi rekening mandiri gua cuman mampir doang duitnya, hahahaha.

3. Bank Commonwealth


Seperti penjelasan gw yang sudah-sudah, gw buka rekening ini karena gw mau beli reksadana di Commonwealth ini.  Salah satu syaratnya adalah harus buka salah satu tabungan di Commonwealth ini sebagai sumber dana. Ini bank menurut gue keceh badai banget. Karna dia kasih fitur yang oke banget diantaranya:

  • Gratis tarik uang di ATM Bank manapun
  • Gratis biaya transfer ke rekening bank manapun
  • Gratis biaya saat kartu atmnya di gesek di mesin EDC manapun

Gw sering banget pake bank ini saat transfer ke bank manapun pas jual belin online. Kan kadang si penjualnya punyanya BRI atau bank lain ya akhirnya gw transfer pake rekening ini, ya karna gratis biaya transfer itu. Emang gak mau rugi gue, hahaha.*otak cina*

Makanya buat elo yang suka jual beli online dan butuh bank yang gratis biaya transfer, ya ini dia. Silakan buka di Bank Commonwealth terdekat di kota anda. Oh ya, biaya adminnya juga lebih murah daripada bank lain pada umumnya. Kalo bank BCA, BRI, BNI atau Mandiri Rp. 13.000,-, maka si Commonwealth cuman Rp. 10.000,- aja. Mayan kan???      

4. Bank CIMB Niaga



Inilah bank terakhir yang gua punya, CIMB Niaga. Bank Malaysia ini punya fitur yang cukup oke menurut gua. Internet banking, sms banking, kartu ATM yang oke juga, mayan lah pokoknya. Sebenernya gw buka tabungan ini karna gw tertarik sama salah satu produknya, yaitu Tabungan Mapan. Ini sebenernya adalah produk tabungan yang tabungannya di lock dan rutin tiap bulan akan di debet dari rekening tabungan CIMB Niaga kita. Istilahnya kita dipaksa buat nabung rutin tiap bulan dan duitnya gak bisa diambil sebelom jatuh tempo masa perjanjian kita selesai. Bisa satu tahun, dua tahun, atau terserah lo, sesuai dengan jatuh tempo yang lo pilih. Jadi ntar kalo masa jatuh temponya dah selesai duitnya bakal langsung cair ke rekening tabungan kita. Rasanya pas cair tuh kaya dapet duit kaget.*mata bling-bling*

Gw yang orangnya cashless kemana-mana suka gesak-gesek saat belanja. Dan gw, orangnya adalah yang suka gatel kalo tau ada duit ngendap di tabungan buat gw beliin ini itu. Makanya tabungan ini sangat membantu banget gw dalam menabung dan mengamankan aset gw dari lapar mata, hahaha.   

Khusus buat si CIMB Niaga ini gw akan kasih ulasan khusus yang lebih panjang dan detail di entry selanjutnya, so stay tune..... 

Itu tadi semua rekening yang gw punya. Gw sih berharap gak nambah lagi karna kalo kebanyakan rekening bikin pusing, hahahaha. Jadi, berapa banyak rekening bank yang lo punya ????