(TF) Tips Menghubungi Kring Pajak

Hai semuahhh...

Apa kabar??

Sehat kan???

Duh dah lama nih gak nulis Tuesday-Finance lagi. Kali ini mau nulis lagi ahh...

Sini-sini duduk merapat sama gw.





Tergelitik dari rasa kasihan sehingga gw nulis postingan inih. Gw pernah menulis di blog gw tentang betapa menyedihkannya pelayanan Kring Pajak. Judulnya  susahnya menghubungi kring pajak. Buat yang belom pernah baca silakan meluncur ke sana.

Sebenernya secara pelayanan, direktorat perpajakan sudah mengalami banyak perubahan. Diantaranya pelayanan perpajakan di kantor pajak yang sudah bagus menurut gw. Salah satu pelayanan perpajakan yang diluncurkan dirjen pajak adalah Kring Pajak. Tujuannya apa sih bikin Kring Pajak? Tujuannya adalah untuk membantu melayani masyarakat akan perpajakan. Lu bisa banyak tanya-tanya, minta bantuan, bahkan bisa komplain tentang pelayanan perpajakan.

Tapi sayangnya tujuan itu justru dimentahkan sendiri oleh Kring Pajak. Sudah pernah coba menghubungi Kring Pajak? Kalo belom, buruan gih dicoba. Tapi jangan marah yah kalo entar gak diangkat, hahaha.

Rekor tercepat gw terhubung dengan Kring Pajak adalah setelah mencoba menelepon 5 kali ! Paling lama?  17 Kali !! Gila gak tuh ???

Halo Bapak Presiden Jokowi, Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Bapak Dirjen Pajak Pak Ken, sudah pernah mencoba menghubungi Kring Pajak? Kalo belum buruan gih dicoba. Rasakan sendiri sensasi salah satu pelayanan yang anda buat untuk masyarakat. 

Dimana-mana yang namanya call center itu pasti gampang dihubungi. Contohkan call center bank, beuh gampangnya dihubungi. Harusnya call center pajak itu bisa menyamai call center bank. Bahkan kalo bisa melebihi. Lah ini, udah dihubungi aja susah, gitu minta penerimaan pajak meningkat, helllooo.....

Yang gw heran, kok masyarakat gak pernah ada yang protes yah? Bikin surat pembaca kek di koran Kompas. Tapi tenang, gw udah buat unek-unek ini di blog gw sendiri. Terindeks no 1 lagi di google. 

Jujur gw lebih suka menghubungi Kring Pajak daripada nelpon AR (Account Representative) gw. Soalnya orang pusat itu pinter-pinter dan jawabannya lebih memuaskan daripada orang kantor pajak. Maaf kata kadang ada orang kantor pajak (pratama apalagi) yang suka lola kalo gw tanya. Tolong jangan marah, tapi ini kenyataan. Silakan koreksi diri.   

Pengalaman gw yang sering nelpon Kring Pajak akan gw bagikan buat lu semua, GRATISSS. Terus gimana caranya biar bisa terhubung dengan Kring Pajak?? Sini-sini mendekat....


1. Hilangkan Semua Ekspektasi Indah tentang Kring Pajak

   Tolong camkan di otak kalian semua untuk jangan berharap yang muluk-muluk bakal diangkat di percobaan pertama menelepon. Hilangkan juga harapan bakal diangkat sama mbak-mbak cantik yang suaranya lemah gemulai macem call center bank. Sepanjang pengalaman gw, hampir semua yang angkat kebanyakan mas-mas. Tentu dengan suara menye-menye ala-ala call center bank. Seumur hidup gw pernah diangkat sama mbak-mbak cuman sekali. Jangan juga berpikir kalo Kring Pajak buka 24 jam macem call center bank. No...no...no... Mereka hanya buka dari hari Senin-Jumat, dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.Tolong camkan ini baik-baik:

Diangkat di percobaan menelpon kurang dari 5 kali adalah sebuah anugerah, diangkat di percobaan menelpon yang pertama kali adalah sebuah keajaiban dunia ke 8   

2. Hapalkan baik-baik no NPWP kalian 

    Jadi nanti kalo kalian sudah berhasil terhubung ke Kring Pajak kalian akan disuruh memilih antara yang sudah memiliki NPWP dan yang belum memiliki NPWP. Kalo belom memiliki NPWP, kalian akan terhubung langsung dengan officer. Kalo kalian sudah punya NPWP, maka kalian akan disuruh memasukkan no NPWP kalian. Maka saran gw adalah: hapalkan baik-baik no NPWP kalian. Karena kalian akan disuruh mengetikkan no NPWP kalian di tombol telepon tanpa jeda. Maksudnya gimana mas? Maksudnya, kalian harus memasukkan no NPWP kalian yang panjang itu di tombol telepon tanpa jeda. Kalo kalian ada jeda satu detik aja, maka sambungan akan langsung  terputus. Kampret banget gak sih???

Maka saran gw kalo kalian males ngapalin (kaya gw), taro NPWP kalian deket telepon atau tulis di kertas dan taroh deket telepon. Berlatihlah dulu sehingga kalian lancar memasukkan no NPWP kalian (entah pribadi entah badan) di tombol telepon seolah-olah lu udah hapal sama no NPWP-nya. Karna kalo ada jeda sedikit aja (mungkin karna ngeliat dan baca dulu no NPWP-nya), sambungan akan langsung terputus !


Wah mas, kalo gitu mending milih yang tanpa NPWP aja dong biar gak ribet?


Gw udah pernah coba cara ini. Kalo pertanyaan kalian berhubungan dengan yang sudah ber-NPWP, kalian akan disuruh menghubungi ulang di pilihan yang ber-NPWP. Yang gw heran, bukannya gw dibantu dioperin ke temennya, malahan telpon gw diputus. Anjrit ! Mereka gak tau gimana susahnya biar bisa terhubung sama layanan mereka. Huh !    

3. Jangan Menghubungi di Jam Buka Layanan Kring Pajak

    Jam buka layanan Kring Pajak adalah dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Tapi jangan pernah mencoba menelepon mereka jam 8 pagi.


Loh mas, kan enak masih pagi, masih sepi?


TENOOTTT !!!

Sayangnya apa yang kalian pikirkan salah !


Budaya santai macem di pantai masih susah hilang dari mereka. Meskipun jam segitu semua pegawai udah masuk semua, tapi keberadaan mereka mungkin masih ngopi-ngopi cantik bareng Jessica di pantry atau mungkin ngegosip sama temen-temennya. Makanya itu adalah hal yang mustahil lu bisa terhubung dengan Kring Pajak di jam segitu. 

Maka saran gw, telpon lah mereka mulai jam 9 pagi. Karena mereka lagi gampang-gampangnya di hubungi. Tapi tetep, jangan berharap sekali nelpon langsung tersambung. 

Oh iya, jangan coba-coba nelpon mereka bila sudah jam setengah 4, karena pasti gak tersambung. Mungkin mereka sudah kemas-kemas macem anak TK rebutan mau pulang gasik. 

4. GUNAKAN JURUS TEROR !!

    Sumpah gw malu banget nulisnya tapi emang kenyataanya harus begini biar bisa tersambung. Jadi waktu lo memencet tombol 1500200 di telepon lo, biasanya rada-rada susah tersambung. Gw gak tau kenapa mereka begitu susah di hubungi. Entah telponnya cuman satu, entah pegawainya cuman satu, sehingga lo harus rebutan dengan orang satu Indonesia. Maka satu-satunya cara adalah gunakan jurus teror !

Jadi di percobaan pertama gak berhasil tersambung maka langsung hubungi mereka kembali. Gak tersambung juga? Langsung pencet 1500200 lagi, terusssssssss sampai kalian tersambung. Aneh memang, tapi ini kenyataan. Kalo udah tersambung kalian akan diberi dua pilihan, sudah ber-NPWP atau belom ber-NPWP. Ikuti step no 2. Jangan lupa, jurus teror macem kalian lagi neror mantan kalian atau gebetan kalian. Trust me, it works ! *L-men*

5. Gunakan Kesempatan Sebaik-baiknya bila sudah Terhubung

    Kalian sudah berhasil tersambung?


SELAMAT !!


Kalian memang bermental baja ! Hanya orang-orang yang mempunyai kesabaran tingkat dewa yang sabar dalam menghubungi Kring Pajak, hahaha.

Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Silakan tanyakan sejelas-jelasnya, karena mereka akan benar-benar membantu. Mereka ramah, pinter lagi. Jadi kalo ditanyain apa-apa pada bisa jawab. Gak kaya pegawai kantor pajak, kadang suka ada yang lola. Maaf kalo ada yang tersinggung lagi, hahaha. 






Jadi sebenernya yang menjadi hambatan di pelayanan Kring Pajak bukan pegawainya, tapi sistem teleponnya yang menyedihkan banget sehingga susah dihubungi. Kalo kalian ada yang kenal sama Bu Sri Mulyani, boleh deh kasih link blog gw biar beliau baca. Kalo perlu Pak Ken sekalian, biar beliau tau  dan coba sekalian gimana asiknya nelpon Kring Pajak-__-'


Oke sudah gitu aja tips dari gue.


Yasud yah

Bayy......