Reksadana Syariah

Haiii semuahh...
Apa kabar kalian semua?
Long time no see

Yayaya, maaf guys, gw sibuk akhir-akhir ini sampe lupa nulis blog. Sebenernya sih ada banyak yang pengen gw tulis, tapi berhubung gak ada waktu sampe akhirnya gw lupa sama blog gw sendiri *kecup blog*

Okeh, kali ini gw mau membahas yang namanya REKSADANA

Apa pula itu?

Ada yang gak tau artinya reksadana?

Atau malah baru pernah denger?

Atau dulu waktu kuliah pernah denger tapi gak mudeng sampe sekarang?

Okeh, karna gw orangnya baik, makanya bakal gw jabarin sama kalian. Baik banget kan gue? sini lu pada salaman sama gue. #uhuk


Reksadana itu wadah dan pola pengelolaan dana/sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam intrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian di kelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portopolio investasi baik berupa saham, obligasi, pasar uang maupun efek/sekuriti lainnya.

Gimana? mudeng gak? pasti pusing, udah ngaku aja lu semua, ahahaha

Gini, gw kasih lu gambaran. Elu punya duit, atau lu pengen investasi di pasar modal (contoh), terus karna elu gak tau gimana cara belinya, terus paling penting gimana cara NGELOLANYA, maka elu beli lewat broker. Nah broker ini yang disebut Manajer Investasi (MI). Manajer Investasi ini adalah badan yang akan mengumpulkan dana dari masyarakat, terus mereka yang juga akan mengelola dana tersebut. Manajer Investasi ini sekumpulan orang yang bener-bener experd dalam pengelolaan dana investasi, dan mereka lah yang akan mengelola uang kita sehingga bisa mendatangkan keuntungan. Sama mereka duit kita bisa di masukin ke saham, obligasi, pasar uang atau efek lainnya.

Gimana, udah mudeng?

Kalo belom, lu baca lagi deh penjelasan gue pelan-pelan.

Masih gak mudeng juga?

Lo goyang-goyangin pala lo coba, sapa tau ngaruh *ngarang*

Nah siapakah Manajer Investasi ini?

Jawabannya ada BANYAK !

Mereka ada banyak banget. Gw kasih contoh yah...

Manulife Asset Management, Samuel Asset Mangement, Schroder Investment Management, Danareksa, trus apa lagi yah? Banyak lah pokoknya.

Gimana, pernah denger nama-nama itu?

Lah merekalah yang disebut Manajer Investasi (MI).

Karna gw orangnya sadar sama masa depan, maka gw investasi untuk masa depan gw (dalam hal ini pensiun dan sekolah anak) dengan membeli reksadana. Karna gw orangnya sadar diri banyak dosa yah, makanya gw lebih memilih reksadana syariah. Apa pula itu reksadana syariah???

Reksadana Syariah adalah reksadana yang dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Jadi jelas gak ada riba dan gak mungkin di investasikan ke perusahaan yang bertentangan dengan prinsip syariah.

Gimana ciri-ciri reksadana syariah?

Ada 3, ini dia....

Berinvestasi pada Efek Syariah
Jadi semua dana yang di investasikan tidak boleh bertentangan dengan efek syariah. Contoh di investasikan ke perusahaan yang pake sistem bunga/riba (kayak bank), perusahaan yang memproduksi rokok dan alkohol, perjudian atau jual beli risiko yang mengandung ketidakpastian contohnya kayak asuransi konvesional.

Jadi gak mungkin banget duit lo diinvestasiin ke  perusahaan yang memproduksi Bir, even lo suka minum.

Disamping itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) setiap 6 bulan sekali akan ngeluarin Daftar Efek Syariah (DES). Pada daftar itulah investor bisa mengetahui saham dan obligasi mana yang sesuai prinsip syariah dan mana yang tidak.

Gimana sampe sini masih mudeng kan?

Iyaa pak guruuu....

Bagus !

Adanya proseng Cleansing
Yang dimaksud dengan cleansing adalah proses pembersihan reksadana syariah dari pendapatan yang sifatnya tidak sesuai dengan prinsip syariah dimana pendapatan tersebut biasanya digunakan buat tujuan amal.

Kok bisa ada pendapatan yang gak sesuai prinsip syariah? gimana sih? katanya reksadananya syariah?

Woke, sabar dulu guys.

Jadi gini, kan setiap kita beli reksadana duit kita tuh yang megang bukan Manajer Investasinya, tapi ada di Bank Kustodian. Apa pula itu Bank Kustodian? Bank Kustodian itu bank yang menampung uang masyarakat yang akan di investasikan di efek. Ini penting soalnya untuk menghindari uang kita di bawa kabur sama Manajer Investasi.

Nah, karna selama ini belom ada Bank Kustodian yang syariah, makanya uang kita disimpen disitu ntar kita biasanya dapet bunga mengendap, nah duit ini kan riba, makanya ini harus di bersihin.

Masih mudeng kan sampe disini?

Iyaa pak guruuu.....

Bagus !

Adanya Dewan Pengawas Syariah
Dewan pengawas syariah adalah dewan yang mengawasi pemenuhan prinsip syariah pada suatu reksadana yaitu investasi sesuai DES dan cleansing. Mereka merupakan pihak independen yang ahli tentang pasar modal dan hukum syariah.

Dewan Pengawas Syariah ini juga bisa memberi  rekomendasi terhadap penyaluran dana cleansing. Nah dengan adanya syarat diatas maka gw akhirnya berkesimpulan buat ambil reksadana syariah aja.

Terus gimana cara belinya? duitnya berapa? syaratnya apa aja?

Yayaya, udah gw duga elu semua pasti pengen nanya tentang itu tadi, iya kan?? iya kan?? hayo ngaku???

Elo bisa beli langsung di Manajer Investasinya yang ada di setiap kota lo. Kalo gak ada za?

Tenang, elo bisa beli di bank yang juga menjual reksadana.

Syaratnya semua sama, elo harus punya KTP sama NPWP. Terus gimana kalo belom punya NPWP? Pliss guys, hare gene gak punya NPWP? Apa kata dunia?? Jangankan beli reksadana, orang sekarang bikin rekening bank aja ditanyain NPWP-..-'. Kalo belom punya, tolong bikin dulu on-line, ntar kalo udah tinggal telp ke Kantor Pajak buat konfirmasi, udah deh besoknya NPWP dikirim ke rumah lo. Jadi gak usah ke kantor pajak sekarang kalo mau bikin NPWP, cukup apply online, terus kartunya dikirim ke rumah kita, gampang kan?

Kalo belom kerja za? masih kuliah misalnya?

Oh tenang, kalian bisa pinjem NPWP bokap atau nyokap lo, sama jangan lupa bawa KK, tetep boleh beli kok.

Kalo ortu gak punya NPWP?

Ya udah mati aja lu...

#aqragpopo

Gw, karna sibuk, akhirnya beli reksadananya di Bank Commonwealth. Inilah bank dengan reksadana terlengkap di Indonesia. Dia itu menurut gue kayak supermarket reksadana, lengkap dan banyak banget pilihannya. Lo mau ambil Manajer Investasi apa?? tinggal lo sebutin aja. Nah setiap Manajer Investasi kan punya banyak produk reksadana, tinggal lo pilih aja yang sesuai sama nurani lo *tsaaahhhh*

Waktu itu gw ambil dari Manulife Asset Management sama BNP Paribas Investment Partners. Nah di Manulife gw ambil reksadana Manulife Syariah Sektoral Amanah. Terus di BNP Paribas gw ambil BNP Paribas Pesona Syariah. Terus suatu hari gw tambah reksadana gw di Schroders Investment Management, gw ambil Schroder Syariah Balanced Fund.

Gimana cara nentuin itu semua za?

Pertama-tama lo masuk ke website Commonwealth Bank, sila klik di sini. Habis itu lo liat deh yang syariah, kan banyak tuh, lu kelompokin aja sendiri-sendiri. Habis ketemu semua yang syariah, elo musti liat kinerjanya dulu, liatnya di infovesta, bisa diliat di sini. Lo liat deh yang bagian saham (kalo lo ambil saham), campuran (kalo lo ambil campuran) terus lo cari yang syariah. Nah dari situ bisa keliatan kinerjanya selama setahun terakhir, tiga tahun, sampai lima tahun terakhir. Jangan lupa lo liat juga scoringnya, ini penting buat ngeliat kalo reksadananya gak ecek-ecek atau kelas embek. Jangan kaget kalo pusing, gw waktu pertama juga kagak mudeng sama sekali. Tapi karna gw liatin terus-menerus dengan telaten akhirnya gw baru bisa paham. Jadi, jangan malas !

Terus kalo udah ngeliat chartnya, sekarang tahap yang paling penting, lo masuk ke websitenya masing-masing Manajer Investasinya, terus lo liat nama produknya, terus download Fund Fuct Sheet nya. Produk reksadana yang kece harus mencantumkan siapa nama orang yang mengelola uang kita, mencantumkan profilnya, terus yang paling penting lagi adalah mencantumkan nama Dewan Pengawas Syariahnya (DPS). Kalo dia gak mencantumkan nama DPS lo delete aja itu reksadananya. Dari pada mengandung ketidakjelasan, ya gak sih?? Inget loh, mereka yang mengelola uang kita !

Kalo udah liat semua itu, gw yakin lo akan bisa mengambil keputusan mana reksadana yang akan lo pilih. Ini juga berlaku buat reksadana konvesional, bedanya tanpa adanya Dewan Pengawas Syariah.

Kenapa mengambil reksadana?

Karna menurut gue inilah investasi yang paling menguntungkan dengan modal kecil. Iyah modal buat beli cuman Rp. 100.000, -. Iyah gw cuman keluar 100 rb aja tiap bulan untuk masing-masing reksadana. Jadi Totalnya 300 rb tiap bulan gw keluarin buat investasi di reksadana, murah banget kan????

Gw ambil Manulife sama BNP Paribas buat dana pensiun gue. Dengan umur gw yang sekarang 25 th, gw pengen pensiun di usia 55 th, maka masih ada 30 th lagi. Dengan modal awal 100 rb, terus autoinvest rutin tiap bulan 100 rb juga, dengan bagi hasil 15 % aja setahun, maka 30 th kemudian duit yang akan gw terima sekitar 700 juta ! karna ada dua, maka nanti gw dapet 1,4 M. Gila, banyak banget kan?

Padahal kalo pake nalar, harusnya uang gue, modal awal 100 rb, autoinvest tiap bulan 100 rb x 12 bulan x 30 th = 36 juta. Jauhh banget kan??? Dan inget, itu cuma dengan bagi hasil 15 %. Padahal kebanyakan sekarang diatas 20 % rata-rata.

Dan yang Schroder mau gw jadiin dana pendidikan anak gue, gw cairin 20 th kemudian saat dia kuliah (menurut perkiraan gue, padahal punya anak aja belom, hahhaha), gw bakal dapet 150 juta hanya dengan bagi hasil 12 % aja. Kalo 15 % atau 20 % lu bayangin aja berapa duit yang bakal lo terima.

Inget, itu semua adalah yang syariah, kalo yang konvensional lebih tinggi lagi.

Jadi tunggu apa lagi??? Kan keren banget kalo misal temen lo nanya:


'Broh, lo investasi apa sekarang?'

'Oh, gue investasi Reksadana broh !'


Beuuuhhhh..... kereeennnnnn................        

Besok-besok gw cerita deh gimana caranya beli reksadana di Bank Commonwealth.

Jadi gimana? Kalian udah mudeng kan??

Iyaa pak guluu.....

Iya pak guru, iya pak guru !

Dikasih komen keulesssssss......................