TabunganKu CIMB Niaga

 gw akan kasih review yang lebih detail tentang tabungan gue di CIMB Niaga TabunganKu CIMB Niaga
Yak, sesuai dengan janji gua kemaren, gw akan kasih review yang lebih detail tentang tabungan gue di CIMB Niaga. Gw awal tertarik buka rekening di CIMB Niaga karna gw pengen ambil program Tabungan Mapan di CIMB Niaga. Karna salah satu syaratnya adalah harus punya rekening di CIMB Niaga sebagai sumber dana, maka gw putuskan gw buka rekening TabunganKu di CIMB Niaga.

TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama-sama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jadi sebenernya TabungaKu ini adalah programnya Bank Indonesia yang tujuannya supaya meningkatkan masyarakat supaya melek bank dan punya rekening bank di bank manapun. Bank Indonesia emang 'memaksa' semua bank umum untuk punya fitur TabunganKu sebagai salah satu produk tabungan demi meningkatkan kepemilikan rekening bank untuk masyarakat. Sudah tentu sasaran utamanya adalah masyarakat yang belom punya rekening bank yang biasanya malas membuka rekening bank karena masalah keberatan biaya administrasi sama persyaratan yang banyak. Karna ini untuk menjangkau masyarakat golongan bawah maka syaratnya gampang banget, cuman KTP sama duit Rp. 20.000,-. Udah gitu doang, kita sudah bisa buka rekening di bank. Tentunya semua bank umum yang berada di bawah naungan OJK wajib punya program TabunganKu sebagai salah satu produknya.


Karna namanya wajib, maka banyak bank yang asal punya produknya di bank dan jarang banget di iklanin ataupun di kasih tau ke nasabah. Kenapa? Karna bank gak dapet apa-apa kalau masyarakat pada buka rekening TabunganKu semua. Kenapa? Karna persyaratan yang mudah dan biaya administrasinya yang GRATIS. Itulah kenapa banyak bank yang ogah-ogahan promosi produk TabunganKu. Lagian kalau ada pun, fiturnya sangat miskin sekali sehingga buat orang yang sering pake rekening tabungan akan sangat tidak tertarik buat buka rekening ini.

Gw yang emang tertarik buka rekening Tabungan Mapan, maka gw pun pergi ke CIMB Niaga buat buka rekening. Pas dijelasin sama mbak CS nya, kalau mau buka Tabungan Mapan harus punya salah satu rekening di CIMB Niaga sebagai sumber dana. Maka pas si mbak nanya:


'Baik pak Riza, dari semua produk yang ada di CIMB Niaga, kira-kira bapak berkenan untuk membuka tabungan apa?'


Gw dengan muka tembok langsung bilang:


'Mbak saya mau tabungan yang bebas biaya administrasi dan fiturnya juga lumayan oke'

HAHAHAHAHA...


Maka si mbak CS langsung nerangin tentang fitur TabungaKu. Kenapa gw memilih buka TabunganKu daripada rekening tabungan biasa?? Jawabannya karena kalau buka Tabungan Mapan udah dikenakan biaya administrasi 5 ribu tiap bulan. Lah kalau gw buka tabungan biasa, gw juga kena biaya admin bulanan Rp. 12.500,- tiap bulan. Gila ! dobel biaya admin, bisa tekor gue !!! ogah !!! --> otak cina

 






Setelah isi berbagai formulir pembukaan rekening kaya biasa maka gw dapet buku tabungan gambar batik sama kartu ATM CIMB Niaga yang surprisenly kartu atmnya kaya kartu ATM biasa, uyeeee.... Padahal kalo lo buka TabunganKu di bank lain bentuk kartu atmnya gambar batik persis kayak buku tabungannya, jadi orang bisa tau kalo tabungan lo TabungaKu. Entah kenapa, kalo menurut gue, kalo dapet kartu ATM batik khas TabunganKu, kaya beda kasta aja gitu.  Beda kalo CIMB Niaga, dia kayak kartu atm tabungan biasa dan yang paling penting, biayanya gratis.

Iyah, kalau di bank lain gak semua bank ngasih kartu atm. Jadi ada yang dapet ada yang enggak. Setau gue yang dapet gratis kalo lo buka di bank BCA, CIMB Niaga sama BII. Mandiri yang bank punya pemerintah aja minta bayaran Rp. 20.000,- kalo lo pengen kartu atmnya. Yang bikin beda tabungan TabunganKu CIMB Niaga sama TabunganKu bank lain adalah:
  1. TabunganKu CIMB Niaga gratis kartu atm buat nasabahnya, bank lain belum tentu, bahkan ada yang gak dikasih kartu atm.
  2. TabunganKu CIMB Niaga gratis biaya saldo minimum, bank lain kena charge. Saldo minimum TabunganKu untuk semua bank sama, Rp. 20.000,-. Jadi kalo rekening lo kurang dari 20 ribu gak kena charge, gak kaya TabunganKu bank lain.
  3. TabunganKu CIMB Niaga gratis akun internet banking, sms banking, dan kartu atmnya bisa di gesek buat belanja dimanapun. Bank lain?? boro-boro internet banking, bisa dapet kartu atmnya gratis aja udah bersyukur. Apalagi bisa dipake buat gesek belanja, your dream...
  4. TabunganKu CIMB Niaga tidak ada batasan transaksi dalam bulanan. Bank lain?? Semuanya di batasi maksimal transaksi 4 kali. 4 kali ini termasuk nabung, terima transfer, ambil duit ataupun ngecek saldo. Helllooo.... anak kecil aja sehari minta duit jajan 3 kali, masa kita yang udah gede sebulan cuman dibatasin transaksi 4 kali, capee deehh....  
  5. TabunganKu CIMB Niaga bisa diapakai buat cek info saldo, mutasi rekening, transfer, bayar tagihan (kartu kredit, asuransi, listrik, telefon, dll), beli pulsa, atau bayar tiket pesawat baik di ATM, CIMB Clicks, Go Mobile ataupun Phone Banking. TabunganKu bank lain?? Boro-boro bayar listrik, elo liat saldo lo di ATM aja udah diitung 1 kali transaksi dari batas maksimal 4 kali transaksi dalam sebulan *gubrag !!* 
  6. Kartu ATM nya, gratis biaya buat narik tunai di ATM CIMB Niaga, atau di ATM CIMB Malaysia, Singapore, Thailand maupun di Kamboja, keceh banget kan?? 
Maka dengan segala keunggulan tersebut, gw merasa beruntung banget bisa buka TabunganKu CIMB Niaga. Buat elo yang merasa eman-eman atau pelit dengan adanya biaya administrasi, inilah bank dengan biaya administrasi yang gratis dan FULL FITUR layaknya tabungan biasa. Atau kalo elo mau ngajarin anak lo menabung atau pengen bukain rekening buat adek lo, inilah tabungan dengan fitur terbaik. Lo masih SMP/SMA dan keberatan dengan biaya admin tapi masih dapat kartu atm yang bisa buat gesek belanja? inilah dia si CIMB Niaga. Maka buat lo yang masih belajar nabung, cepetan buka TabunganKu di CIMB Niaga.

Pertanyaanya adalah, syaratnya apa aja???

Gampang, cuma KTP sama duit Rp. 20.000,-, iyah 20 ribu ajah !!!! setoran selanjutnya minimum Rp. 10.000,-. Dan bukan itu aja, dengan adanya ATM, lo bisa setor tunai di CDM (Cash Deposit Machine) CIMB Niaga di manapun tanpa antre di teller. Bank lain? boro-boro setor tunai, lo musti setor sama tarik tunai di teller. Ya kalo sepi, kalo rame?? Antri boss !!!

Oh ya, kalo lo belom punya KTP maka ada formulir lain yang musti di tandatangani sama orang tua lo. Maka biar gak bego, lo dateng dulu minta formulirnya, trus balik minta tanda tangan bokap atau nyokap lo, trus balik lagi sama jangan lupa bawa fotokopian KTP emak atau babe lo. Kalo pengen praktis ya dateng sama bokap atau nyokap lo, jadi lo gak bolak-balik.

note: kemaren ada yang komen, katanya sekarang kalo nabung di Bank CIMB Niaga udah gak dapet buku tabungan lagi, tapi pakenya e-statement yang dikirim tiap bulan ke alamat email kita. Lah enak banget kalo menurut gw kaya gitu. Kita gak perlu pusing-pusing mikirin simpen buku tabungan. Terus kalo pas butuh rekening koran, kita gak perlu susah-susah minta rekening koran kalo mau ngajuin visa. Jangan salah loh, minta rekening koran itu bayar. Gw setiap butuh rekening koran buat ngajuin visa, di BCA atau Mandiri, bayar 2.500 per lembar. Padahal yang namanya rekening koran kan minimal 3 bulan, tinggal lo kaliin aja. Kalo dapetnya e-statement mah enak. Kalo butuh tinggal diprint aja. Irit kan? 

Setelah bikin TabungaKu, gw terus bikin Tabungan Mapan buat memproteksi duit gue dari kalap mata, hahahaha.





Jadi Tabungan Mapan itu sama kayak tabungan yang memaksa kita buat nabung. Karena kita di wajibkan setor tiap bulan sesuai dengan setoran yang kita tetapkan (minimal 100 ribu). Jatuh temponya boleh 6 bulan, setahun, 2 tahun atau berapa tahun pun boleh terserah kita. Yang penting kalau belom jatuh tempo duitnya gak akan bisa cair dan apabila memaksa untuk mencairkan kita bisa kena denda ! Makanya ini bisa melatih kita disiplin buat belajar menabung. Oh ya, di tabungan mapan kita juga dapet bunga 6 % per tahun. Jadi walaupun kita ada biaya admin 5 ribu tiap bulan (dikenakan mulai bulan ke 3) kalau dikurangi sama bunganya kita masih untung. Kalo lo ambilnya yang syariah maka akan memakai sistem syariah (bagi hasil).
 
Setelah isi formulir, maka jadilah Tabungan Mapan gue buat setahun ke depan.


Oke sekian ulasan dari gue tentang TabunganKu sama Tabungan Mapan. Oh ya gue gak di bayar kok, dan ini bukan iklan. Tapi si gw berharap si CIMB Niaga transfer 100 juta ke rekening gue, hahahaha..

Yasud semua, bayyy.......

Note: sejak tahun 2016, websitenya CIMB Niaga udah di maintenance. Akhirnya, TabunganKu muncul juga di salah satu produk tabungannya. Mereka baca blog gw apa yah? hahaha